Selain Donasi Anak Indonesia, Ini 3 Jenis Sedekah yang Bisa Dilakukan saat Ramadhan

Donasi Anak Indonesia

Keberkahan yang melimpah selama Ramadan digunakan umat Muslim di seluruh dunia untuk mengumpulkan pahala. Salah satunya adalah sedekah melalui donasi anak Indonesia secara online yang digelar sejumlah organisasi, termasuk di antaranya UNICEF.

Namun, donasi online bukan satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan buat bersedekah. Berikut kegiatan-kegiatan lain yang juga dapat diterapkan selama bulan puasa berlangsung!

Berbagi hidangan sahur dan iftar

Rasulullah Saw pernah bersabda, siapa pun orang yang memberi makan mereka yang berpuasa akan menerima pahala setimpal tanpa mengurangi pahala yang sedang berpuasa. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk membagikan hidangan sahur dan iftar. Tak perlu yang berat dan mahal, tetapi setidaknya mampu melepas lapar dan dahaga. Ajak juga keluarga maupun teman buat melaksanakan kegiatan tersebut.

Sedekah pada fakir miskin dan kaum duafa

Bersedekah kepada fakir miskin dan kaum duafa biasanya dilakukan melalui zakat. Seperti yang diketahui, zakat termasuk kewajiban umat Muslim melalui penyisihan sebagian harga. Menjelang hari Idulfitri, biasanya Anda diwajibkan buat zakat fitrah. Namun, ada juga cara lain seperti mengikuti Pendekar Anak UNICEF bagi Anda yang secara khusus ingin membantu Anak-anak Indonesia. Jadi, mereka juga dapat meraih cita-cita dan masa depan terbaik mereka.

Pemberian infak melalui kotak amal

Infak adalah bentuk sedekah atau donasi berikutnya yang dapat dioptimalkan selama Ramadan berlangsung. Berbeda dari zakat fitrah, tak ada penentuan persentase untuk infak, sehingga Anda bisa menyisihkan uang ke kotak amal sesuai kemampuan. Perkembangan teknologi pun semakin memudahkan orang-orang buat bersedekah. Sejumlah masjid kini sudah yang membuka kesempatan infak melalui barcode qr yang ditempelkan pada kotak amal.

Menilai dari tiga kegiatan di atas, rasanya tak ada alasan bagi Anda untuk memanen kebaikan semaksimal mungkin. Apalagi Ramadhan hanya datang sekali setiap tahunnya. Namun, bukan berarti Anda berhenti sedekah saat bulan puasa berlaku. Anda bisa meneruskannya dengan donasi nutrisi dari UNICEF untuk membantu anak-anak di Indonesia!