3 Kesalahan dalam Pengelolaan Keuangan yang Sering Terjadi Pada Bisnis

kesalahan pengelolaan keuangan pada bisnis
source: blog.gamatechno.com

Menjalankan bisnis memang tidaklah mudah, karena ada banyak aspek yang perlu dikuasai, termasuk pengetahuan keuangan. Untuk mengurangi risiko kesalahan dalam pengelolaan keuangan, pengusaha sering menggunakan software akuntansi.

Software tersebut dapat membantu mengorganisir sistem keuangan bisnis dengan lebih baik. Tidak perlu menjadi seorang akuntan yang ahli terlebih dahulu untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Yang paling penting adalah memahami laporan keuangan agar dapat membuat keputusan bisnis yang bijak di masa depan. Jika tidak dikelola dengan baik, keuangan bisnis Anda dapat terdampak secara negatif.

Bagi pengusaha pemula, penting untuk memahami beberapa kesalahan fatal dalam pengelolaan keuangan bisnis. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang sering terjadi pada bisnis. Simak baik-baik, ya!

Tidak membuat Rencana Keuangan (Budgeting)

Meskipun bisnis Anda masih baru, penting untuk membuat rencana keuangan. Rencana ini berfungsi sebagai panduan keuangan, membantu Anda mengatur pengeluaran bisnis dengan lebih terstruktur.

Ini membantu Anda menghindari pengeluaran mendadak yang tidak terencana dan mempertimbangkan apakah pengeluaran tersebut benar-benar perlu.

Tidak Memisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Ketika Anda memulai bisnis, penting untuk memiliki rekening terpisah untuk keuangan bisnis dan pribadi.

Meskipun bisnis Anda kecil, pemisahan ini adalah langkah yang penting. Ini membantu melacak transaksi dan memudahkan pelaporan pajak.

Tidak Disiplin dalam Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran

Pencatatan pendapatan dan pengeluaran adalah hal yang krusial dalam pengelolaan bisnis. Keuangan bisnis harus dikelola dengan baik agar bisnis bisa menghasilkan pendapatan dengan biaya minimal.

Melakukan pencatatan yang rinci akan membantu Anda memahami pendapatan total, pengeluaran total, dan keuntungan yang diperoleh dari bisnis Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi pengelolaan keuangan dalam suatu bisnis. Agar Anda bisa mengelola keuangan lebih teratur dan menghindari human error, gunakan aplikasi RAMA Akunting.

RAMA Akunting adalah perusahaan software akuntansi yang mampu memberikan solusi bagi pemilik bisnis yang ingin membangun manajemen kontrol, pembukuan keuangan dan standar operasional perusahaan, baik usaha kecil maupun menengah.

Program akuntansi yang mereka buat merupakan aplikasi akuntansi praktis, lengkap, mudah digunakan dan mengintegrasikan semua proses bisnis hanya dalam satu platform. Pelayanan yang tersedia meliputi RAMA Standard Edition, RAMA Trucking Edition, RAMA Ekpedisi Edition, dan RAMA Enterprise Edition.

Software RAMA Akunting juga memiliki beberapa fitur unggulan, di antaranya Custom Made, Multi Currency and Price, Import Data dari Excel, Database Client Server dan masih banyak lagi. Yakin tidak ingin order sekarang? Informasi selengkapnya seputar software RAMA Akunting, bisa dilihat di laman ramaakunting.com. Semoga bermanfaat!