Mengenal PT GNI, Perusahaan Pengolahan Nikel di Indonesia

PT GNI Perusahaan Pengolahan Nikel di Indonesia

PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI mendapat sorotan setelah pabriknya di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mengalami insiden. Namun, apa sebenarnya PT GNI? Berdasarkan informasi dari media beberapa berita, mari kita bahas lebih lanjut tentang PT GNI, termasuk visi dan misi perusahaan ini.

PT GNI, singkatan dari Gunbuster Nickel Industri, merupakan perusahaan pengolahan nikel yang dimiliki oleh pengusaha asal China, Tony Zhou Yuan. Beroperasi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, PT GNI telah berdiri sejak tahun 2019. Perusahaan ini berperan penting dalam mendukung program hilirisasi mineral dan batubara di Indonesia.

Sebagai smelter nikel, PT GNI menerapkan teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dengan 25 jalur produksi. Investasi perusahaan mencapai sekitar Rp 42,9 triliun dengan kapasitas produksi mencapai 1,8 juta ton feronikel per tahun pada kadar 10-12 persen. Selain itu, PT GNI juga mengolah bijih nikel sebanyak 21,6 juta ton per tahun. Pada tanggal 21 Desember 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan PT GNI di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), sebuah kompleks industri seluas 1.907 hektar dengan fasilitas pelabuhan.

Sebagai bagian dari proyek strategis nasional, PT GNI dimiliki oleh perusahaan baja China, Jiangsu Delong Nickel Industry Co. Ltd. Selain operasional di Indonesia, perusahaan ini juga terlibat dalam pertambangan dan pemurnian mineral di Kawasan Ekonomi Industri Xiangshui, Kota Yancheng, Provinsi Jiangsu, China.

Visi dan Misi PT GNI

Visi PT GNI adalah menjadi pelopor dalam industri smelter di Indonesia sambil mendukung penuh program hilirisasi pemerintah. Selain itu, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal melalui sektor-sektor seperti pendidikan, lingkungan, pariwisata, dan lainnya.

Misi PT GNI adalah berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang di Indonesia. Upaya ini mencakup penciptaan peluang bagi pemangku kepentingan dan komunitas di sekitar area operasional perusahaan agar dapat terus berkembang. PT Gunbuster juga berusaha menjalin hubungan baik dengan para pemangku kepentingan dan warga setempat, serta memastikan peningkatan kualitas komunitas dan pelestarian lingkungan di lokasi operasionalnya.

Alamat PT GNI terletak di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, dengan jam operasional dari pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA. Fokus perusahaan pada keamanan kerja dan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan menjadi sorotan penting dalam memahami peran dan arah PT GNI di industri ini.